nusakini.com - Subang - Pembangkit Listrik Tenaga Mesin dan Gas (PLTMG) dengan kapasitas 25 MW bakal segera dibangun di Nias. Direncanakan pada Agustus 2016 mendatang, pembangkit yang didirikan di Gunung Sitoli ini akan mulai beroperasi.

Menurut Direksi Bisnis Regional Sumatra PLN Amir Rosidin, mesin pembangkit yang dibeli dari General Electric (GE) itu sudah sampai Singapura. Pembangkit ini dibangun untuk menutup kebutuhan listrik di Pulau Nias, Sumatra Utara, yang setiap hari mencapai 24 MW.

"Investasinya mencapai 750 dolar AS per KwH," kata Amir saat melakukan gathering PLN bersama wartawan di Subang, Sabtu malam (9/4/2016).

Di samping itu, PLN juga merencakanan membangun jaringan transmisi listrik yang menghubungkan Nias Utara dengan Nias Selatan. Jaraknya sekitar 120 kilometer. "Tahun depan, kita bangun lagi PLTMG berkapasitas 25 MW di Nias," jelasnya. 

Total, kelak akan terdapat dua PLTMG di Nias dengan keseluruhan kapasitas mencapai 50 MW. Tambahan pasokan listrik akan digunakan sebagai reserved margin dan mengantisipasi pertumbuhan permintaan. Rencananya di Nias akan dibangun sejumlah hotel untuk mendukung pengembangan industri pariwisata di sana. (mk)